Kamis, 22 Desember 2011

Resensi Buku Bimbingan dan Konseling untuk SMA

Idenitas Buku
Judul               : Bimbingan dan Konseling untuk Sekolah Menengah
Pengarang       : Tim Dosen PPB FIP UNY
Tahun              : 1993
Penerbit           : UNY Press
Halaman          : 95 halaman

        "Salah satu kompetensi guru yang harus dimiliki adalah mengenal fungsi dan program Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Untuk itu, para mahasiswa calon guru diberikan pengalaman belajar tentang bimbingan dan konseling dengan bobot dua SKS.
            Bimbingan dan konseling merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang relative baru berkembang dan bermanfaat dalam upaya pencapaian tujuan penddikan nasional.
            Buku ini memuat beberapa hal yng dipandang dapat memberikan pengalaman belajar bagi calon guru, dan dapat dipergunakan bagi pengajar sebagai salah satu buku acuan, serta dapat digunakan sebagai bahan kajian untuk pengembangan bagi keilmuan."
Mendengar istilah "Bimbingan dan Konseling" tersirat kesan urnum bahwa individu yang berhubungan dengan petugas tersebut sedang bermasalah. Memang, pada awal Iahirnya, bimbingan dan konseling lebih bersifat klinis psikologis untuk membantu mereka yang bermasalah.Akan tetapi, dewasa ini, bimbingan dan konseling arahnya lebih bersifat pengembangan melalui pendekatan pedagogis.
Dan buku ini, selain akan memperkokoh pemahaman tentang pentingnya bimbingan dan konseling, juga mengedepankan paradigma berpikir dalam mempersepsi konsep bimbingan dan konseling itu sendiri. Berangkat dari kebutuhan terhadap penIngkatan mutu akademik yang menjadi kepedulian semua pihak, buku ini akan membantu mahasiswa, peneliti dan ilmuwan, serta masyarakat luas yang ingin memperoleh wawasan yang komprehensip tentang landasan dasar akan layanan bimbingan dan konseling.
Buku yang di tulis oleh tim dosen penyusun yang didalamya terdapat beberapa dosen yang ahli dan berpengalaman dalam bidangnya ini terdiri dari 11 bab. Bab 1 dibahas masalah sejarah singkat tentang bimbingan dan konseling, bermanfaat bagi pembaca untuk mengetahui dan paham tentang runtutan langkah langkah hingga adanya bimbingan dan konseling. Bab selanjutnya yaitu pengertian bimbingan dan konseling; prinsip-prinsip dan macam-macam bimbingan; hubungan antara pendidikan, bimbingan dan konseling; pendekatan dalam bimbingan dan konseling; teknik-teknik bimbingan; program bimbingan; organisasi dan administrasi bimbingan dan konseling di sekolah; alat perlengkapan bimbingan dan konseling di sekolah; diagnosis kesulitan belajar sampai dengan bab terakhir yaitu membahas tentang layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
            Tak ada gading yang retak, ungkapan lama itu mungkin yang dapat kami haturkan sebagai pembaca. Jikalau diperkenankan memberikan sumbangsih pendapat, menurut kami ini sangat padat tema. Terdapat sangat banyak tema yang dibahas namun hanya terangkum dalam buku yang tebalnya tidak mencapai seratus halaman. Sehingga menjadikan pemikiran yang mengambang mengenai pemahaman tentang materi. Ada beberapa materi yang kami rasa perlu disertakan paragraph penjelasan namun hanya di tulis menjadi sub sub judul saja. Alangkah bijaksananya jika pembaca bisa lagsung memahami jika da paragraph penjelas dari sub-sub judul tersebut.
            Demikian apa yang dapat kami sampaikan, harapan besar bagi kami ini dapat bermanfaat khususnya untuk kami pribadi. J J

0 komentar:

Posting Komentar