Sabtu, 05 Mei 2012

Contoh Abstrak Dalam Skripsi


ABSTRAK
            Ni’mah Laily Sulastri. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap etos kerja guru PAI di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2011
            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kompetensi peagogik guru PAI, mengetahui kondisi etos kerj para gru PAI dan mengetahui pengaruh kompetensi pedagogic guru terhadap etos kerja guru PAI di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta.
            Subjek peneilian terdiri dari dua orang guru PAI, Kepala Sekolah, 18 siswa masing-masing dari kelas VII dan VIII.
           Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket.analisis data dilakukakan dengan deduktif- induktif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukakan dengan triangulasi sumber.
          Hasil penelitian menunjukkan: (1) kondisi kompetensi pedagogik di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta, yang terdiri dari dua orang guru sudah memahami dan mengaplikasikan kompetensi pedagogik dengan cukup baik, hal ini melipui aspek pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, penegmbanagn kurikulum dan silabus, perencanaan pembelajaran, pelksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil pembelajaran dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. (2) kondisi etos kera guru PAI di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta, yang terdiri dari dua orang guru sudah dalam kategori cukup baik, hal ini didasarkan pada pengamatan peneliti terhadap guru ditinjau dari aspek tangung jawabnya dalam mengajar, kedisiplinan guru dalam mengajar dan semngat guru dalam mengajar. (3) pengaruh kompetensi pedagogik guru  terhadap etos kerja guru PAI di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Penilaian pengaruh tersebut meliputi tiga aspek sebagai berikut yaitu kerja merupakan tanggung jawab moral, disiplin dan semangat kerja. Berdasarkan indicator pengaruh ketiga aspek tersebut sangat dapat dikategorikan cukup berpengaruh, hal ini diperkuat dengan hasil angket yang menunjukkan bahwa dari 18 siswa dengan system respon sangat berpengaruh 34%, cukup berpengaruh 52%, kurang berpengaruh 12%, dan tidak berpengaruh 2%. Dengan demikian, dapat dapat disimpulkan bahwasanya pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap etos kerja guru PAI di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta dapat dikategorikan cukup berpengaruh. Kategori cukup berpengaruh tersebut ditinjua dari hasil angket siswa yang mencapai prosentase tertinggi yaitu 52%.
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik dan Etos Kerja

0 komentar:

Posting Komentar