ABSTRAK
Ni’mah
Laily Sulastri. Pengaruh Kompetensi
Pedagogik Guru terhadap etos kerja guru PAI di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta
Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2011
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kondisi kompetensi peagogik guru PAI, mengetahui kondisi etos kerj
para gru PAI dan mengetahui pengaruh kompetensi pedagogic guru terhadap etos kerja
guru PAI di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta.
Subjek peneilian terdiri dari dua orang
guru PAI, Kepala Sekolah, 18 siswa masing-masing dari kelas VII dan VIII.
Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMP Budi Mulia
Dua Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukakan melalui observasi, wawancara,
dokumentasi dan angket.analisis data dilakukakan dengan deduktif- induktif. Pemeriksaan
keabsahan data dilakukakan dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian
menunjukkan: (1) kondisi kompetensi pedagogik di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta,
yang terdiri dari dua orang guru sudah memahami dan mengaplikasikan kompetensi pedagogik
dengan cukup baik, hal ini melipui aspek pemahaman wawasan atau landasan
kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, penegmbanagn kurikulum dan
silabus, perencanaan pembelajaran, pelksanaan pembelajaran yang mendidik dan
dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil pembelajaran dan
pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya.
(2) kondisi etos kera guru PAI di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta, yang terdiri dari
dua orang guru sudah dalam kategori cukup baik, hal ini didasarkan pada
pengamatan peneliti terhadap guru ditinjau dari aspek tangung jawabnya dalam
mengajar, kedisiplinan guru dalam mengajar dan semngat guru dalam mengajar. (3)
pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap
etos kerja guru PAI di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Penilaian pengaruh
tersebut meliputi tiga aspek sebagai berikut yaitu kerja merupakan tanggung
jawab moral, disiplin dan semangat kerja. Berdasarkan indicator pengaruh ketiga
aspek tersebut sangat dapat dikategorikan cukup berpengaruh, hal ini diperkuat
dengan hasil angket yang menunjukkan bahwa dari 18 siswa dengan system respon sangat
berpengaruh 34%, cukup berpengaruh 52%, kurang berpengaruh 12%, dan tidak
berpengaruh 2%. Dengan demikian, dapat dapat disimpulkan bahwasanya pengaruh
kompetensi pedagogik guru terhadap etos kerja guru PAI di SMP Budi Mulia Dua
Yogyakarta dapat dikategorikan cukup berpengaruh. Kategori cukup berpengaruh tersebut
ditinjua dari hasil angket siswa yang mencapai prosentase tertinggi yaitu 52%.
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik dan Etos Kerja
0 komentar:
Posting Komentar