Sabtu, 05 Mei 2012

Contoh "Abstrak" Skripsi


ABSTRAK
            Bekerja tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, baik itu bekerja untuk mencari nafkah, untuk aktualisasi diri/ karena yang ingin, tanpa kerja manusia hakekatnya hanya hidup secara ragawi tapi mati secara maknawi. Namun secara khusus kerja diartikan sebagai upaya untuk mencari nafkah, karena itulah perlu kiranya untuk mengupayakan agar kerja-kerja individu itu dapat optimal hingga setiap individu akan sejahtera secara ekonomis dan berprestasi dalam aktualisasi seluruh kemampuannya.
            Berpijak dari statemen diatas dalam skripsi ini peneliti bermksud untuk mengetahui lebih jauh tentang etos kerja yang dimiliki guru PAI dalam mengajar yang kemudian dikorelasikan dengan prestasi belajar PAI siswa itu sendiri. Adapun dalam penelitin ini penulis memilih SMA PIRI 2 Yogyakarta sebagai objek penelitian, dan dalam mengambil sumberdatanya adalah guru PAI dan siswa SMA PIRI 2 Yogyakarta, serta semua ihak yang terkait dan dibutuhkan dalam penelitian ini.
          Skripsi yang ditulis Siti Munawaroh dan berjudul “ PERAN ETOS KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ( Studi Korelasi di SMA PIRI 2 Yogyakarta  )” ini didalamnya berisi tentang deskripsi umum dan personal etos kerja guru khususnya PAI dan prestasi belajar siswa di SMA PIRI 2 Yogyakarta yang kemudian dikorelasikan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena itu dalam penelitian ini penulis menggunakan pengumpulan data yang diperoleh dengan cara mengadakn penelitian langsung dilapangan dengan memakai metode angket yang selanjutnya diolah dalam bentuk angka-angka untuk memperoleh data/ hasil lebih lanjut, dan dalam pelaksanaanya penuling mengguakan bantuan komputer program SPSS.
            Hasil dalampenelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara peran etos kerja guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SM PIRI 2 Yogyakarta dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,601, akan tetapi dalam pengkategoriannya hanya pada level sedang, serta dari hasil penelitian diketahui bahwa para guru SMA PIRI 2 Yogyakarta memiliki tingkat eto kerja yang sedang, dan para siswa yang dijadikan sempel juga memiliki prestasi belajar PAI yang sedang pula, sebab pada kenyataanya disamping faktor etos kerja guru PAI bisa mempengaruhi prestasi belajar siswa ternyata ada beberapa faktor lain yang turut mempengaruhi prestasi belajar siswa sendiri. Dengan demikian semoga hasil penelitian dalam skripsi ini bisa member ontribusi positif bagi semua pihak.

0 komentar:

Posting Komentar