ABSTRAK
Bekerja tidak bisa dilepaskan dari
kehidupan manusia, baik itu bekerja untuk mencari nafkah, untuk aktualisasi
diri/ karena yang ingin, tanpa kerja manusia hakekatnya hanya hidup secara
ragawi tapi mati secara maknawi. Namun secara khusus kerja diartikan sebagai
upaya untuk mencari nafkah, karena itulah perlu kiranya untuk mengupayakan agar
kerja-kerja individu itu dapat optimal hingga setiap individu akan sejahtera
secara ekonomis dan berprestasi dalam aktualisasi seluruh kemampuannya.
Berpijak dari statemen diatas dalam
skripsi ini peneliti bermksud untuk mengetahui lebih jauh tentang etos kerja
yang dimiliki guru PAI dalam mengajar yang kemudian dikorelasikan dengan
prestasi belajar PAI siswa itu sendiri. Adapun dalam penelitin ini penulis
memilih SMA PIRI 2 Yogyakarta sebagai objek penelitian, dan dalam mengambil
sumberdatanya adalah guru PAI dan siswa SMA PIRI 2 Yogyakarta, serta semua ihak
yang terkait dan dibutuhkan dalam penelitian ini.
Skripsi yang ditulis Siti Munawaroh
dan berjudul “ PERAN ETOS KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI
BELAJAR SISWA ( Studi Korelasi di SMA PIRI 2 Yogyakarta )” ini didalamnya berisi tentang deskripsi
umum dan personal etos kerja guru khususnya PAI dan prestasi belajar siswa di
SMA PIRI 2 Yogyakarta yang kemudian dikorelasikan. Adapun jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif, karena itu dalam penelitian ini penulis
menggunakan pengumpulan data yang diperoleh dengan cara mengadakn penelitian
langsung dilapangan dengan memakai metode angket yang selanjutnya diolah dalam
bentuk angka-angka untuk memperoleh data/ hasil lebih lanjut, dan dalam
pelaksanaanya penuling mengguakan bantuan komputer program SPSS.
Hasil dalampenelitian ini menunjukan
bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara peran etos kerja guru PAI
terhadap prestasi belajar siswa di SM PIRI 2 Yogyakarta dengan nilai koefisien
korelasi sebesar 0,601, akan tetapi dalam pengkategoriannya hanya pada level
sedang, serta dari hasil penelitian diketahui bahwa para guru SMA PIRI 2
Yogyakarta memiliki tingkat eto kerja yang sedang, dan para siswa yang
dijadikan sempel juga memiliki prestasi belajar PAI yang sedang pula, sebab
pada kenyataanya disamping faktor etos kerja guru PAI bisa mempengaruhi
prestasi belajar siswa ternyata ada beberapa faktor lain yang turut
mempengaruhi prestasi belajar siswa sendiri. Dengan demikian semoga hasil
penelitian dalam skripsi ini bisa member ontribusi positif bagi semua pihak.
0 komentar:
Posting Komentar