Kamis, 23 Mei 2013

Iman Kepada Qadha' dan Qadhar


IMAN KEPADA QADHA’ DAN QADHAR
A.    Pengertian Iman kepada Qadha’ dan Qadhar
Qadha’ artinya ketetapan dan ketentuan Allah swt. atas seluruh makhluknya. Sedangkan Qadhar artinya qadha’ yang telah menjadi kenyataan dan telah terjadi.
Sedangkan iman kepada qadha’ dan qadhar memiliki pengertian percaya adanya ketetapan dan ketentuan Allah swt yang berlaku terhadap seluruh makhluk-Nya, baik yang telah terjadi, yang sedang terjadi maupun yang akan terjadi.
B.     Ikhtiar
Kehidupan manusia berjalan menurut ketetapan dan takdir Allah. Sungguh pun begitu manusia harus berikhtiar, yaitu berusaha ekuat tenaga untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan di dunia maupun di akhirat kelak.sebab takdir itu baru dapat diketahui setelah terjadi.
C.    Tawakkal
Tawakkal artinya berserah diri kepada Allah atas apa yang terjadi sambil terus berikhtiar. Tawakkal ini merupakan keharusan bagi kita setelah kita melakukan usaha, dengan maksud andai kata sewaktu-waktu kita mengalami kegagalan dalam usaha, maka tidak lekas putus asa. Sebab orang yang berputus asa atas rahmat Allah hanyalah orang-orang fakir saja.
D.    Fungsi dan Hikmah Iman Pada Qadha’ dan Qadhar
1.      Menumbuhkan ketenangan dan kepasrahan kepada Allah.
2.      Membangkitkan kekuatan dan semangat berikhtiar serta berdoa kepada Allah untuk mencapai kebahagiaan hidup dunia dan akhirat.
3.      Meningkatkan ketakwaan kepada Allah.
4.      Memberikan jalan terang agar tidak melakukan kejahatan dengan mengatas namakan takdir.

0 komentar:

Posting Komentar